Radang Persendian Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat

Radang Persendian Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat - Radang Persendian Akibat Dari Gaya Hidup Tidak Sehat,- Artikel ini memberikan informasi dasar tentang topik kesehatan khusunya Radang Persendian. Informasi dalam artikel ini boleh digunakan hanya untuk penjelasan ilmiah, bukan untuk diagnosis diri dan tidak dapat menggantikan diagnosis medis.

Radang Persendian Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat

Radang Persendian

Radang Persendian atau artritis merupakan bagian dari proses degeneratif yang akan dialami oleh setiap orang ketika menua. Namun Radang Persendian pada sebagian orang, Radang Persendian ini tidak hanya terkait proses penuaan dan sudah mulai terjadi pada usia yang lebih dini.

Selain dari proses penuaan, Radang Persendian dapat timbul akibat kombinasi beberapa faktor seperti proses autoimun, infeksi, cedera, maupun tingginya kadar asam urat sehingga Radang Persendian terjadi. Proses Radang Persendian akibat faktor-faktor tersebut dapat dipercepat oleh faktor yang sebetulnya dapat diubah sejak dini, yakni gaya hidup yang tidak sehat akibat utama Radang Persendian.

Radang Persendian, Bedasarkan Farktor Penyebabnya

Gaya hidup yang tidak sehat tersebut di antaranya, selengkapnya dijelaskan pada halaman selanjutnya tentang faktor Radang Persendian:

Radang Persendian Di Pengaruhi Oleh Berat Badan

Kegemukan dan obesitas dapat mempercepat terjadinya arthritis terutama jenis osteoarthritis. Sendi tubuh akan bekerja lebih keras untuk menopang beban tubuh yang berlebih, sehingga bantalan sendi cepat “aus” dan mempermudah terjadinya gesekan antar tulang. Apabila Radang Persendian yang terjadi adalah akibat proses autoimun, kegemukan tetap akan memperparah terjadinya Radang Persendian dan memperberat keluhan.

Melakukan gerakan yang berulang pada satu sendi

Contohnya pada musisi, pengemudi, penari, atlet profesional, dan pekerjaan lain yang memerlukan gerakan repetitif pada suatu sendi. Gerakan repetitif yang berlebihan ini dapat mempermudah terjadinya kerusakan sendi dan memicu Radang Persendian. Untuk itu perlu diimbangi dengan tindakan pencegahan maupun teknik yang tepat agar sendi tetap sehat.

Radang Persendian Juga Di Sebabkan Keran Merokok

Menurut beberapa publikasi ilmiah dari Annals of the Rheumatic Diseases, merokok turut meningkatkan risiko rheumatoid arthritis. Hal ini terkait dengan interaksi antara rokok dan gen yang berperan dalam reaksi autoimun pada rheumatoid arthritis.

Asupan Makanan Tidak Sehat Juga Akibatkan Radang Persendian

Konsumsi kalori berlebih dapat memicu peningkatan berat badan yang merupakan faktor risiko arthritis. Selanjutnya kadar asam urat berlebih dapat memicu arthritis pirai (gout). Bila ini yang menjadi kasus Anda, batasi konsumsi makanan yang tinggi purin seperti ikan sarden, kerang, kepiting, udang, daging sapi, jeroan, serta minuman beralkohol. (Baca: Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat)

Radang Persendian Juga Bisa Karena Kurangnya Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga tidak memicu Radang Persendian jika dilakukan dengan tepat, olahraga justru akan meningkatkan kekuatan otot sehingga sendi dapat disangga dengan baik. Perhatikan pijakan Anda dan hindari permukaan yang terlalu keras agar gaya tumbukan yang mempengaruhi sendi tungkai tidak terlalu berat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment